Kamis, 04 November 2010

AMPUNI dan LUPAKAN


Ven. Dr. K. Sri Dhammananda
 
Melakukan pembalasan terhadap si pembuat masalah hanyalah akan menimbulkan lebih banyak lagi masalah dan gangguan. Engkau harus menyadari bahwa perasaan negatif dan sifat buruk hanya akan menyakiti dan mendatangkan penderitaan kepada engkau sendiri dan si pembuat masalah. Untuk memperbaiki keadaan, engkau harus melepaskan kebencian di dalam hatimu. Kebencian adalah racun. Karena racun ini pertama-tama timbul dalam dirimu, maka sudah pasti engkaulah orang pertama yang disakitinya sebelum racun itu dapat melukai orang lain. Sebelum engkau dapat melemparkan abra api kepada orang lain, tanganmulah yang pertama kali terbakar. Jika engkau berbuat seperti itu, maka engkau menjadi sama dengan si pembuat masalah.

Dengan membenci orang lain, engkau hanya akan memberikan kemenangan kepada mereka. engkau tidak menyelesaikan masalahmu. Jika engkau menjadi marah terhadap orang yang hanya terseyum kepadamu, maka engkau akan merasa kalah dan sengsara. Karena orang itu tidak akan membantumu memenuhi keinginanmu, dialah pemenangnya.

Jika seseorang melakukan suatu kesalahan terhadapmu.karena kebodohannya atau salah pengertian, maka itulah saatnya bagimu untuk menyinarkan cahaya cinta kasihmu terhadap orang itu. Suatu hari nanti, ia pasti akan menyadari kebodohannya dan meninggalkan kejahatannya. maka lebih baik memberi kesempatan untuk menjadi baik. Penyesalan atas segala perbuatan jahat yang telah dilakukannya akan mendorongnya untuk berbubah menjadi lebih baik dan pada akhirnya ia akan merasa sangat berterimaksih atas jasa baikmu.

Banyak orang berpikir bahwa mengembalikan kebaikan atas kejahatan tidaklah berguna. Coba dan buktikanlah sendiri. Jika engkau merasa masih terlalu sulit bagimu untuk memberikan kebaikan atas kejahatan, maka engkau dapat melindungi dirimu dengan cara tidak mengembalikan kejahatan atas kejahatan.
Sumber gambar: www.google.com

2 komentar:

  1. Bagaimana dengan anda sendiri ? lebih memilih mangampuni ataukah melupakan sesuatu yg telah membuat sejarah pahit dalam hidup anda ?

    BalasHapus
  2. apalah gunanya mengingat dan menyesali sesuatu yang pahit dimasa lampau? jadi, lebih baik mengampuni dan melupakan. Mungkin memang tidak mudah tetapi kita perlu melatih diri untuk terbiasa mengampuni dan melupakan kesalahan orang lain, bagitulah jawaban singkat saya... :)

    BalasHapus