Jumat, 05 November 2010

Jangan Membandingkan

Ven. Dr. K. Sri Dhammananda  

www.google.com
Engkau dapat membuang rasa khawatir dan kesulitan yang tidak perlu hanya dengan cara tidak membandingkan dirimu dengan yang lain. Sepanjang engkau menganggap yang lain 'setara', 'lebih', atau 'kurang', engkau mengalami prasangka dan kegelisahan. Jika engkau tidak melakukan hal itu, tak ada yang perlu engkau khawatirkan. Jika engkau pikir dirimu lebih baik daripada yang lain, engkau akan menjadi sombong. Jika engkau pikir dirimu biasa saja, yang lain bisa lebih rendah daripadamu. Jika engkau berpikir dirimu serba kurang, engkau dapat kehilangan percaya diri.

Bagi sebagian besar orang, meredam kesombongan adalah hal yang sangat sukar dilakukan. Sangat dianjurkan melatih diri mengurangi kesombongan. Jika engkau dapat mengorbankan kesombonganmu, maka engkau akan mendapatkan kedamaian batinmu. Engkau dapat hidup harmonis dengan yang lain sehingga engkau mengalami kedamaian dan kebahagiaan. Manakah yang lebih penting, mempertahankan harga diri atau kedamaian batin?

Cobalah untuk mengerti bahwa persamaan, kekurangan dan kelebihan, semuanya adalah kondisi yang selalu berubah. Engkau sekarang mungkin miskin, tetapi pada saat yang lain engkau dapat saja menjadi kaya. Hari ini engkau bodoh, pada saat berikut engkau dapat saja menjadi bijaksana. Hari ini engkau mungkin sedang sakit dan tidak bahagia tetapi setelah beberapa waktu engkau akan menjadi sehat kembali. Meskipun demikian, ada nilai-nilai yang secara teoritis dianggap sebagai warisan kemanusiaan, hak-hak asasi manusia, kehormatan, status dan lain sebagainya. Orang lain tidak berhak merenggutnya darimu. 

"jika engkau baik terhadap dirimu, engkau baik terhadap orang lain. Jika engkau baik terhadap orang lain, engkau baik terhadap dirimu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar