Jumat, 05 November 2010

Jangan Harapkan Apapun dan Tak Ada Apapun Yang Mengecewakanmu

Ven. Dr. K. Sri Dhammananda 

www.google.com
Engkau dapat menghindari kekecewaan dengan cara tidak mengharapkan apapun atas apa yang engkau lakukan. Jika engkau tak mengharapkan apapun, maka tak ada apapun yang mengecewakanmu. Lakukanlah sesuatu untuk membantu orang lain, untuk mengurangi penderitaan. Jika engkau dapat melakukan hal itu tanpa mengaharapkan imbalan, maka tidak ada hal yang dapat menyebabkanmu kecewa. Engkau akan menjadi orang yang selalu merasa puas dengan keadaan. Kebahagiaan yang muncul dalam pikiranmu karena engkau telah berbuat baik adalah imbalan yang besar bagimu.

Kebahagiaan itu membuahkan kepuasan yang besar didalam hidupmu. Dengan mengharapkan imbalan, engkau bukan saja kehilangan kebahagiaanmu tetapi engkau juga akan mengalami kekecewaan yang pahit.

Mungkin engkau adalah orang yang memang berjiwa baik, sehingga engkau tidak menyakiti orang lain. Tetapi tetap saja engkau disalahkan meskipun telah berbuat kebaikan. Mungkin engkau bertanya-tanya, "Jika kebaikan mendatangkan kebaikan dan kejahatan mendatangkan kejahatan, mengapa saya harus menderita padahal saya tidak bersalah? Mengapa saya harus mengalami begitu banyak kesulitan? Mengapa saya dihadang berbagai masalah? Mengapa saya disalahkan padahal saya telah berbuat baik?"

Jawabannya sederhana saja, yaitu pada saat engkau melakukan kebaikan, engkau mungkin secara tidak sengaja bersimpangan jalan dengan suatu kekuatan jahat yang ada di dunia ini. Kekuatan jahat ini tentu saja mengganggu kebaikan itu. Jika bukan karena hal itu, mungkin saja engkau sedang mencicipi buah pahit perbuatan burukmu yang lampau (kamma) yang sedang berbuah pada saat sekarang. Dengan terus melakukan perbuatan baikmu, dengan perhatian yang baik, pada akhirnya engkau akan terbebas dari segala masalah tersebut. Karena engkaulah yang pertama kali memulai kekecewaan itu, maka sangat masuk akal bahwa hanya engkau yang dapat mengalahkannya-dengan mengerti situasi sebenarnya dari kehidupan kita di dunia.

"Dengan melindungi orang lain, engkau melindungi dirimu sendiri. Dengan melindungi dirimu sendiri, engkau melindungi yang lain."

Banyak hal dalam dunia ini berada diluar kemampuan kita untuk mengaturnya. Perubahan yang tak terduga, pengaruh yang bermacam-macam dan ketidakpastian terjadi untuk mengecewakan kita. Itulah yang kadang kala meyulitkan untuk berbuat baik dalam situasi yang selalu berubah. Jika orang mau melakukan nasihat Sang Buddha, setiap orang dapat berpartisipasi dalam menciptakan perlindungan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar