Jumat, 05 November 2010

Jangan Salahkan Orang Lain

Ven. Dr. K. Sri Dhammananda

Jika engkau belajar untuk menjaga pikiranmu selayaknya, apapun yang terjadi di luar dirimu tidak akan mempengaruhimu. Engkau tidak bisa menyalahkan keadaan jika masalah datang. Engkau tidak boleh berpikir bahwa engkau tidak beruntung, bahwa engkau korban nasib, atau seseorang mengutukmu atau menggunakan ilmu hitam kepadamu. Apapun alasan yang engkau berikan, engaku tidak bisa menghindari tanggung jawab atas perbuatanmu. Berusahalah mencari jalan keluar bagi masalahmu tanpa bersungut-sungut. Berusaha untuk bekerja dengan gembira bahkan dalam keadaan yang sangat menekan.

Hadapilah setiap perubahan dengan berani jika perubahan itu memang harus atau perlu terjadi; berani untuk menerima apa yang tidak dapat engaku hindari. Bijaksanalah untuk mengerti dunia yang tidak pasti ini, yang mempengaruhi semua orang. Karena itu engkau harus membangkitkan keberanian untuk menghadapi kekecewaan dan masalah tanpa perasaan putus asa. Kesulitan memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. KIta harus menghadapinya dengan berani.  Jika engkau tahu bagaimana cara menaklukkan masalahmu tanpa membuat masalah baru, engkau adalah orang yang bijaksana.

Orang yang berusaha melayani orang lain juga menghadapi masalah. Bahkan mereka lebih banyak disalahkan daripada orang yang tidak melayani orang lain sama sekali. Janganlah engkau patah semangat; sebaliknya, mengertilah bahwa pelayanan demi kepentingan orang lain pada akhirnya akan membuahkan kebahagiaan sebagai hadiahnya. Dalam memberikan pelayanan kepada orang lain, kita pertama-tama harus memiliki pengetahuan dan pengertian. Bertrand Russell, seorang filsuf dari Inggris mengatakan:
"cinta kasih tanpa pengetahuan dan pengetahuan tanpa cinta kasih tidak dapat menghasilkan kehidupan yang baik"

Sumber gambar: www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar