Jumat, 05 November 2010

Tanggung Jawabmu Menciptakan Saling Pengertian

Ven. Dr. K. Sri Dhammananda  

www.google.com
INGATLAH bahwa apapun yang terjadi, engkau tidak dapat disakiti jika engkau tahu bagaimana cara mempertahankan pikiran yang tenang dan seimbang. Engkau hanya disakiti oleh sikap mental yang engkau gunakan atas dirimu sendiri dan terhadap orang lain. Jika engkau bersikap penuh kasih terhadap orang lain, engkau juga akan memperoleh perlakukan yang penuh kasih sayang. Jika engkau memperlihatkan kebencian, engkau pasti akan mendapatkan balasan kebencian. Orang yang penuh kemarahan seperti mengeluarkan racun dari dirinya; dia melukai dirinya lebih daripada melukai orang lain.

Orang yang dipenuhi kemarahan tidaklah dapat melihat dengan jelas bagaikan dibutakan oleh asap. Orang yang cukup bijaksana untuk tidak menjadi marah tidaklah dapat disakiti. Ingatlah selalu bahwa tak seorangpun dapat menyakitimu kecuali engkau sendiri mengijinkannya. Jika engkau melangkah di Jalan Kebenaran, kebenaran akan melindungimu.

"Siapapun yang menyakiti seseorang yang tidak menyakiti, yang murni dan tak bernoda, maka kejahatan si bodoh akan berbalik kepadanya seperti debu yang dilemparkan melawan arah angin"
(Dhammapada)

Jika engkau membangkitkan kemarahan orang lain, engkau bertanggung jawab atas reaksi yang muncul. Dengan bersikap keras, engkau hanyalah memenuhi keinginan musuhmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar